Memahami Reflection, Refraction, Glossiness, Subdivision dan Texture Map

Memahami Reflection, Refraction, Glossiness, Subdivision dan Texture Map di V-Ray


Dalam penggunaan V-Ray sering sekali kita menjumpai settingan Reflection. Refraction, Glossiness, Subdivisin dan Texture/Map, namun tidak jarang kita masih belum memahami apa maksud dari settingan tersebut, berikut kami sajikan secara ringkas tentang hal tersebut.


  • Reflection adalah bagaimana objek dapat memantulkan benda lain yang ada disekitarnya, misalnya cermin atau besi chrome.
  • Refraction adalah bagaimana objek dapat ditembus atau istilahnya gampangnya transparan, contohnya kaca bening atau air.
  • Glossiness adalah tingkat mengkilat/ mengkilapnya suatu objek, contohnya mengkilatnya cat mobil dengan mengkilatnya plastik mouse akan berbeda.
  • Subdivision / Subdiv adalah tingkat kehalusan material, jika semakin kecil nilai subdiv maka akan muncul noise/ bintik-bintik, dan jika semakin besar maka akan semakin halus.
  • Texture / Map adalah file gambar (jpg, png, gif, tga, dll) yang digunakan sebagai acuan untuk material yang akan dibuat. misalnya gambar serat kayu, batu-batu hiasan, beton, dll.

Semoga Bermanfaat...



Klik disini untuk Biaya Kursus